Biar Gak Salah, Ini 3 Cara Pasang Hose Selang Hidrolik

cara pasang hose
cara pasang hose
cara pasang hose

Bagaimana cara pasang hose atau selang hidrolik dengan baik dan benar? Justru salah-salah dalam melakukan pemasangan malah dapat menimbulkan kesalahan teknis pada mesin sehingga membahayakan si operator mesin. Oleh sebab itu sebaiknya sebelum memulai pemasangan hose, ada baiknya untuk memahami edukasi yang cukup.

Pada dasarnya, selang hidrolik merupakan wadah perantara dalam meneruskan fluida ke komponen hidrolik lainnya. Tentunya jika terdapat celah sedikitpun maka sangat berpotensi menimbulkan selang hidrolik bocor.

3 Cara Pasang Hose dengan Benar

Nah berikut ini tiga cara pasang selang hidrolik yang telah Clamppipa.com rangkum dari berbagai sumber, diantaranya sebagai berikut;

1. Dalam proses pemasangan hose tidak boleh terlalu tegang atau kaku. Mengapa?

Ini alasannya.

Semakin kaku, maka dapat terindikasi terjadinya kebocoran. Pastikan terdapat celah dengan kisaran jarak tertentu agar hose dapat mengembang ketika suhu mencapai titik tekanan tinggi, serta dapat menyusut saat suhu rendah.

2. Memastikan radius bengkokan selang tidak terlalu kecil.

Pasalnya jika terlalu kecil maka dapat mengakibatkan aliran turbulen ikut membentuk sudut kecil.

3. Terakhir, ikat atau pasang klem pada selang hidrolik yang sudah terpasang agar kondisi selang tidak tersentak atau bergerak ketika mendapat beban yang tinggi. Usahakan klem mengikat dengan kencang.

3 Cara Pilih Selang Hidrolik yang Tepat

Memang banyak brand atau merek hose selang hidrolik yang kini ditemukan dipasaran. Berbagai material, spesifikasi, hingga harga pun beragam. Namun jangan anggap semua produk selang dapat digunakan secara aman untuk alat berat mesin anda.

Selengkapnya simak tips memilih selang hidrolik berkualitas dibawah ini;

1. Pilih brand unggulan atau yang sering digunakan

Tidak ada salahnya untuk beralih atau mencoba menggunakan brand yang sering digunakan diberbagai kalangan pengguna mesin hidrolik. Alasannya selain memiliki reputasi kualitas yang apik, selang hidrolik sudah terbukti banyak diaplikasikan pada mesin-mesin hidrolik.

Namun sebelum menjajalnya, anda dapat bertanya atau berkonsultasi kepada ahlinya mesin untuk mencegah hal yang tidak diinginkan berdampak pada mesin.

2. Pilih spesifikasi tepat sesuai mesin

Apapun brand yang anda pilih, setidaknya pastikan spesifikasi hose yang hendak digunakan memang sesuai dengan jenis mesin.

Pasalnya, setiap mesin sudah memiliki spesifikasi tersendiri sehingga komponen atau sparepart juga mengikuti indukan mesin.

3. Jangan tergiur harga murah

Baik offline maupun online, harga selang hidrolik memang bervariasi dari harga termurah hingga termahal sekalipun. Biasanya harga murah belum tentu kualitasnya pun sesuai ekspetasi.

Niatnya ingin mengirit pengeluaran oeprasional, justru nyatanya makin membengkak karena beberapa komponen menjalar ikut rusak. Jual hose hydraulic tersedia disini.

Nah selesai sudah ulasan tips seputar cara pasang hose selang hidrolik dengan benar serta memilih hose tepat.

You may also like...