5 Perawatan Selang Hidrolik Mudah Serta Tipsnya Lengkap

Tidak hanya pompa dan lainnya, perawatan selang hidrolik juga tidak boleh dilakukan sembarangan. Mudahnya, cukup simak 3 tips mudah ini.

Selang hidolik memiliki fungsi sebagai perantara atau media dalam menghantarkam fluida menuju pompa untuk selanjutnya diubah menjadi energi mekanik. Nah, mengingat fungsinya yang cukup penting namun sayangnya material hose hanya terbuat dari karet dan campuran beberapa material lainnya. Jadi pemicu getas hingga bocor sangat berpeluang mengintai hose.

Sebelum timbul kebocoran hingga mengancam kerusakan mesin baik ringan maupun fatal, maka sudah seharusnya pengguna mulai melakukan perawatan selang hidrolik secar berkala demi meminimalisir kerusakan yang akan datang.

5 Perawatan Selang Hidrolik

Ingat sebagus atau semahal apapun selang hydraulic yang digunakan, namun tetap saja pemicu getas tidak dapat dihindarkan. Faktornya beragam, bisa jadi karena terik matahari, pressure over maksimum, hingga gesekan antar sesama hose maupun permukaan mesin. Memang hal spele dapat menjadi penyebab tanpa disadari.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan dengan mudah, khususnya bagi pengguna pemula. Simak selengkapnya berikut ini;

1. Pakai spiral hose

Spiral hidrolik adalah salah satu asesories yang berfungsi sebagai pelindung hose dan pneumatic untuk mencegah gesekan, abrasi, shock  dan suhu terik matahari secara langsung yang berakibatkan getas lebih cepat. Material utamanya menggunakan bahan Polypropylene.

Nah, nyatanya masih banyak pengguna yang enggan untuk membeli assesories ini padahal fungsinya dapat menunjang lifetime hose.

Khususnya bagi mesin alat berat yang bekerja di area terbuka baik tambang maupun konstruksi, penggunaan spiral hose atau guard sangat penting sebab paparan langsung terik matahari dan hujan sangat menyebabkan peluang material hose menjadi lebih rapuh dalam waktu singkat.

2. Batasi pressure maksimum

Jangan memaksakkan selang hidrolik beroperasi melebihi batas maksimum, terutama pada tekanan yang over.

Ingat ya, selang hydraulic tidak boleh digunakan pada tekanan yang melebihi tekanan temperature -40 ° C – +120 ° C dalam kondisi normal. Tidak hanya mesin, hose pun juga memiliki batas maksimum agar penggunaannya tetap terjaga dengan apik sehingga dapat bekerja optimal.

Selain membaca buku panduan, jangan lupa untuk memperhatikan penggunaan fluida agar sesuai dengan rekomendasi bawaan mesin.

3. Pastikan hose bersih

Tidak hanya mesin saja, hydraulic hose juga perlu dijaga kebersihannya terutama bagian dalamnya. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah benda asing seperti debu halus maupun partikel kotoran lainnya yang dapat merusak mesin.

Oleh sebab itu, ketika tiba jadwal pergantian selang hidrolik pastikan hose memang sudah bersih bagian dalamnya barulah dilakukan pemasangan.

4. Hindari gesekan sesama hose maupun antar permukaan mesin

Selang harus ditangani dengan hati-hati. Usahakan hose tidak terkena gesekan antar sesama hose maupun permukaan mesin lainnya. Jika terjadi, imbasnya selang hydraulic akan mengalami terkikis sehingga dapat menimbulkan getas hingga berujung kebocoran.

Solusinya gunakan spiral guard yaa..

5. Ganti hose hydraulic secara berkala

Meskipun sudah lewat jadwal pergantian, masih saja terdapat beberapa pengguna yang kerap acuh mengabaikan kesehatan hose hydraulic sebelum terjadi getas hingga bocor. Jika sudah menujukkan gejala atau indikasi bocor, barulah dilakukan pergantian. Padahal, kasus ini dapat menurunkan performa mesin karena kinerja fluida yang terganggu.

Oleh sebab itu, pastikan anda mengganti selang hidrolik secara berkala minimal tiga bulan sekali. Distributor Cipta Hydropower Abadi menyediakan spesifikasi lengkap selang hidrolik untuk kebutuhan mesin industri, manufaktur, konstruksi, hingga pertambangan.

Tips Bikin Awet Selang Hidrolik

selang hidrolik awet

Nah agar selang hidrolik semakin awet dan menunjang life time, berikut beberapa tips yang perlu anda perhatikan dalam menggunakan selang hidrolik;

1. Selang hidrolik hanya dapat digunakan untuk mengangkut material yang dirancang, jika tidak maka akan mengurangi masa pakai atau kerusakan

2. Panjang selang hidrolik biasanya akan berubah di bawah tekanan tinggi (-4% – + 2%) dan perubahan panjang disebabkan oleh gerakan mekanis. Jadi pastikan dalam proses instalasi hose menggunakan perkiraan pengukuran yang tepat

3. Selang hidrolik tidak boleh digunakan pada tekanan yang melebihi tekanan kerja desain (termasuk tekanan benturan)

4. Selang hidrolik tidak boleh digunakan kurang dari jari-jari lentur minimum dari selang untuk menghindari tekuk atau tekuk dekat sambungan pipa. Jika tidak maka akan menghambat transmisi hidrolik dan membawa material atau merusak rakitan selang

5. Jangan gunakan selang hydraulic dalam keadaan torsi

6. Jauhkan dari benda atau permukaan yang tajam dan kasar. Tidak boleh ditekuk dan diratakan

7. Menggunakan selang hidrolik yang telah teruji kualitasnya

8. Pastikan anda mendapatkan layanan quality control serta jaminan garansi produk dengan membeli selang hidrolik langsung dari distributor hidrolik resmi

Demikian ulasan tips bermanfaat seputat perawatan selang hidrolik dengan mudah yang dapat dilakukan untuk pemula. Semoga bermanfaat untuk Anda !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *