Estimasi Biaya Perawatan Truk Per Bulan Capai Segini

biaya perawatan truk perbulan
biaya perawatan truk per bulan
biaya perawatan truk perbulan

Sama seperti kendaraan pribadi lainnya, biaya perawatan truk per bulan harus diperhitungkan yang akan dikeluarkan agar operasional perusahaan tidak terlalu membengkak.

Biasanya truk digunakan untuk mengangkut material dengan ruang lingkung pengiriman ke luar kota bahkan provinsi. Oleh sebab itu, truk membutuhkan perawatan secara berkala untuk mendukung operasional logistik perusahaan dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

Menurut Irwan Supriyono selaku Senior Executive Officer, Service and Sparepart Hino Motors Sales Indonesia (HMSI),  mengatakan bahwa sama seperti kendaraan penumpang, truk juga wajib menjalani perawatan rutin, untuk menjaga performa kendaraan.

Biaya Perawatan Truk Per Bulan

Umumnya perawatan truk per bulan dilakukan setiap mencapai 10 ribu kilometer untuk menjaga kualitas oli ketika perjalanan jauh.

Baca juga : 

Lalu berapa total biaya perawatan truk per bulan yang harus dikeluarkan?

Disadur dari berbagai artikel terpercaya, berikut rangkumannya dengan tarif harga normal;

  • Pergantian oli mesin di bengkel resmi biasanya dapat memakan biaya rata-rata sebesar Rp 600 ribu dengan spesifikasi SAE  15W-40.
  • Kuras tangki dikenakan biaya harga normal Rp300 ribuan
  • Servis kelipatan kilometer
  • Pergantian beberapa sparepart

Jika ditotal, truk besar dapat menghabiskan biaya hampir Rp 1 jutaan. Dalam skala satu tahu, mungkin saja dapat mamakan hingga Rp 10 jutaan.

Lain hal nya dengan truk standar hanya berkisar Rp 600 ribuan dan Rp 8 jutaan jika perhitungan skala satu tahun.

Untuk pergantian ban tersendiri dapat menggunakan metode CPK , yaitu harga ban dibagi dengan berapa jauh ban tersebut digunakan. Hasilnya akan keluar biaya per kilometer untuk satu ban, tinggal di kali dengan jumlah ban yang ada di truk atau bus.

Contohnya, satu ban baru seharga Rp 3.500.000 mampu digunakan untuk 100.000 kilometer. Berarti CPK yang didapat yakni Rp 35 per kilometer. Jika ada sepuluh ban, totalnya menjadi Rp 350 per kilometer.

Pentingnya Perawatan Truk Resmi

Sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan, inilah pentingnya melakukan perawatan truk ke layanan service resmi.

Baru awal pergantian tahun, sudah berapa banyak kasus kecelakaan truk dengan berbagai permasalahan diantaranya rem blong, sasis truk patah, ban pecah, mesin rusak, dan lain sebagainya hingga berdampak menelan korban jiwa pengguna jalan.

Kasus demikian seharusnya dijadikan bahan evaluasi khususnya bagi perusahaan terkait untuk mengoptimalkan layak pakai truk sebelum dioperasikan, khususnya perawatan truk rutin. Dengan demikian kasus kerusakan truk dijalan dapat diminimalisir dengan baik.

Semoga ulasan biaya perawatan truk per bulan diatas dapat bermanfaat..

You may also like...