Begini 4 Cara Rawat Ban Truk Agar Makin Awet Tanpa Aus

cara rawat ban truk
cara rawat ban truk
cara rawat ban truk

Bagaimana cara rawat ban truk agar makin awet tanpa aus lebih cepat? Ini jawabannya. Seiring dengan penggunaan truk secara menerus di medan aspal, komponen ban sudah pasti ikut terkikis secara perlahan hingga cepat aus atau botak pada permukaannya. Tidak jarang juga hanya karena ban aus, resiko kecelakaan meningkat hingga membahayakan bagi pengguna jalan lainnya.

Faktanya, minimnya pengetahuan dasar mengenai ban mobil khususnya untuk jenis truk menyebabkan ban tidak dapat mencapai umur yang maksimal. Maka dari itu, penting bagi setiap pengguna atau pemiliknya mengetahui cara perawatan truk yang tepat, salah satunya dengan mempertimbangkan estimasi biaya perawatan truk per bulan.

Jika pengguna selalu memperhatikan perawatan ban secara berkala, maka umur ban akan lebih lama dan tidak mudah pecah pada saat digunakan.

Cara Rawat Ban Truk

Untuk menjaga performa ban tetap awet tanpa khawatir botak atau aus lebih cepat, maka lakukan beberapa cara dibawah ini;

1. Jaga Tekanan Ban

Meskipun sering dianggap spele, namun tekanan angin pada ban memiliki peranan penting una meminimalisir kerusakan serta mengurangi terjadinya lepas kendali pada truk. Ketika ban memiliki tekanan rendah, maka imbasnya konsumsi bahan bakar menjadi lebih meningkat.

Oleh sebab itu setiap mengisi angin, pastikan tekanan tetap sesuai psi yang disarankan. Artinya tidak kurang maupun kelebihan.

2. Rotasi Ban

Cara yang umum dilakukan untuk merotasi ban yaitu rotasi silang dan rotasi lurus. Hal ini bertujuan agar masing-masing ban mendapatkan tekanan yang lebih seimbang. Pasalnya, tekanan angin yang berbeda-beda dapat membuat ban lebih cepat aus pada ban belakang terutama ketika membawa muatan.

Oleh sebab itu diharapkan dengan melakukan rotasi ban dapat membuat lebih awet.

3. Memperhatikan Tapak Ban

Banyak yang mengabaikan kondisi tapak ban hingga kondisinya botak alus. Padahal, peranan tapak ban guna mencegah terjadinya slip pada saat pengereman di jalanan yang basah. Selain itu juga berperan untuk memastikan kendaraan agar tetap terkendali.

Jika tapak ban sudah tampak alus, solusinya cukup mengganti dengan unit ban baru yang sesuai.

4. Perbaikan Ban Oleh Ahlinya

Tidak masalah jika Anda kurang mengerti dan memahami kondisi ban. Solusinya cukup bawa unit kendaraan ke bengkel resmi untuk mendapatkan pemeriksaan yang tepat. Mekanik akan mengecek keseluruhan ban apakah masih layak fungsi, atau perlu dilakukan beberapa perbaikan termasuk mengganti unit ban baru.

Nah demikian paparan tips sederhana tentang cara rawat ban truk dengan mudah agar makin awet. Semoga tips diatas dapat meningkatkan kesadaran pengguna teruk dalam meminimalisir kecelakaan berkendara akibat ban slip hingga membahayakan pengguna jalan lainnya. Sampai bertemu pada tips menarik lainnya.

You may also like...