Cara Mengganti Filter Alat Berat, Ngasal Bisa Bikin Rusak

cara mengganti filter alat berat
cara mengganti filter alat berat
cara mengganti filter alat berat

Bagaimana cara mengganti filter alat berat ? Agar alat berat dalam keadaan baik dan terawat dalam jangka panjang, memang sangat disarankan untuk mengganti filter alat berat secara rutin juga ganti oli hidrolik. Dengan demikian, perawatan filter hidrolik harus disesuaikan dengan jadwal periodic unit.

Namun tidak jarang masih banyak pengguna yang dilanda kebingungan dalam melakukan bongkar pasang dalam mengganti filter. Sebab, salah salah dalam pemasangan malah bisa berdampak timbul kebocoran sehingga dapat berbahaya bagi mesin itu sendiri.

Maka dari itu saat melakukan penggantian filter, harus ekstra memperhatikan kebersihan unit. Sedikit saja kotoran yang tidak mampu disaring oleh filter, maka dapat mengakibatkan kerusakan komponen yang fatal.

Cara Mengganti Filter Alat Berat

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengganti Pre Fuel Filter alat berat, diantaranya sebagai berikut :

1. Sebaiknya jangan melepas tutup berwarna merah

2. Tambahkan bahan bakar dari lubang kecil

3. Setelah menambahkan bahan bakar, lepas tutup berwarna merah dan pasang filter

4. Setelah memasang filter, buang udara

Ketika mengganti Main Fuel Filter, JANGAN mengisi filter baru dengan bahan bakar. Setelah menyelesaikan penggantian filter, buang udara.

Lain halnya dengan Fuel Tank, berikut caranya :

1.  Untuk mencegah uap lembab dari kondensasi dan pembentukan air di dalam tangki, biasakan mengisi bahan bakar setelah waktu bekerja

2.  Pada saat pengisian bahan bakar, sebaiknya berhati-hatilah agar penyaring tidak rusak dan hilang

3.  Kencangkan tutup pengisi bahan bakar dengan baik (aman). Sebelum menghidupkan mesin, atau 10 menit setelah mengisi bahan bakar, keringkan endapan dan air dari tangki bahan bakar.

Untuk Drain Fuel, perhatikan dua cara berikut ini;

1.  Sebelum menyalakan mesin, putar katup ke posisi terbuka dan buang semua endapan serta air yang ada didasar secara bersamaan dengan bahan bakar.

2.  Sebelum menyalakan mesin, pastikan tidak ada endapan dalam Water Separator.  Jika terdapat endapan, buka katup dan buang semua endapan terlebih dahulu.

Lalu bagaimana dengan Engine Oil Filter?

Bersihkan tempat filter, lalu isi filter baru dengan oli bersih, lapisi permukaan ulir dan seal filter yang baru dengan oli bersih (lapiskan secara tipis dengan grease), kemudian pasang dengan benar.

Perawatan Pelumasan Filter

Agar performa makin awet karena komponen makin terjaga, berikut ini tiga hal yang harus diperhatikan dalam perawatan pada sistem pelumasan, diantaranya :

1.  Mengganti pelumas secara periodik

Jika lingkungan kerja sangat berdebu, sebaiknya lakukan lebih sering

2. Menggunakan pelumas sesuai anjuran rekomendasi pabrik

3. Mengganti sebelum Oil FIlter Buntu atau penggantian disesuaikan dengan periodical service

Nah, demikian tips sederhana seputar cara mengganti filter alat berat. Butuh jual sparepart hidrolik? Klik disini. Semoga membantu..

You may also like...