Excavator Tidak Bisa Starter ? Simak 7 Penyebab & Solusinya

excavator tidak bisa starter
excavator tidak bisa starter
excavator tidak bisa starter

Mungkin sebagian dari pengguna merasa panik serta bingung ketika excavator tidak bisa starter seperti biasanya. Apa penyebabnya? Simak tuntas disini.

Permasalahan pada alat berat memang beragam, salah satu indikasinya ketika kondisi mesin tidak dapat dihidupkan atau starter hingga swing excavator tidak berputar. Rasanya memang menjengkelkan sebab operasional produktivitas tidak dapat berjalan dengan lancar.

Oleh sebab itu, mau tidak mau pengguna harus mengetahui penyebab serta solusinya.

Penyebab Excavator Tidak Bisa Starter & Solusinya

Excavator yang gagal dihidupkan, biasanya ada beberapa penyebab seperti :

1. Sakelar pematian engine atau engine shutdown switch

Sebaiknya verifikasi bahwa ada tidak ada switch shutdown aktif.

2. Circuit Breaker

Lakukan pemeriksaan keadaan masing-masing pemutus arus ( circuit braker ). Lalu atur ulang pemutus sirkuit jika circuit breaker trip. Sebelum mengembalikan mesin ke servis, tentukan kondisi yang menyebabkan pemutus sirkuit tersandung.

3. Kode Diagnostik

Putar keywitch ke arah posisi ON lalu periksa kode diagnostik aktif dan log di Teknisi Elektronik Caterpillar (ET). Jika perlu, lihat manual pemecahan masalah untuk aplikasi unit mesin.

4. Kabel pada Baterai

Periksa saklar daya utama, tiang baterai, dan kabel baterai untuk koneksi longgar dan korosi. Jika kabel baterai telah berkarat, sebaiknya lepaskan kabel baterai dan bersihkan. Bersihkan tiang baterai dan kemudian ganti kabel. Pastikan koneksi yang longgar telah kencang.
Jika sudah, lakukan pemeriksaan pada baterai dengan mengisi daya.

5. Sirkuit starting sistem ( Starting System Circuit )

Sirkuit Awal Periksa motor awal dan roda gigi cincin flywheel untuk kerusakan. Setelahnya, lakukan uji pengoperasian motor awal dan komponen sirkuit terkait.

6. Catu daya listrik ( Electric Power Supply )

Periksa catu daya listrik. Jika perlu, lihat uji sirkuit Pemecahan Masalah, “Catu Daya Listrik – Uji”.

7. Masalah mesin internal ( Internal Engine Trouble )

  • Lepaskan injektor bahan bakar.
  • Putar poros engkol melalui 360 derajat di kedua arah.
  • Jika poros engkol ( crankshaft ) berputar dengan benar tetapi cairan dikeluarkan dari lubang untuk injektor bahan bakar, selidiki penyebab cairan dalam silinder.
  • Jika poros engkol ( crankshaft ) berputar dengan benar dan tidak ada cairan yang dikeluarkan, pasang injektor bahan bakar.
  • Jika mesin tidak akan berputar, tidak ada salahnya untuk membongkar mesin dan periksa komponen internal yang rusak termasuk bengkok.

Nah demikian ulasan tips seputar menangani excavator tidak bisa starter. Semoga dapat menjadi rekomendasi kita bersama..

You may also like...