Intip 3 Cara Ganti Oli Mesin Industri Praktis Gak Ribet

Ganti oli mesin industri merupakan salah satu cara perawatan yang harus dilakukan. Tidak sulit lagi, kini ada tiga cara praktis ganti oli mesin.

Pada dasarnya, mesin industri merupakan penunjang tombak utama demi melancarkan produktivitas perusahaan. Oleh sebab itu, mesin industri harus mendapatkan perawatan yang tepat dan berkualitas agar peluang kerusakan downtime, breakdown hingga kebocoran sistem hidrolik dapat terminimalisir dengan mudah.

Namun tidak semua perawatan mesin keseluruhan dapat dilakukan dengan satu waktu, termasuk ganti oli. Ketika mengganti oli, setidaknya pengguna perlu memperhatikan acuan waktu berdasarkan jam pengoperasian mesin atau dari buku panduan.

Manfaat Ganti Oli Mesin Industri

Seberapa penting penggantian oli mesin Anda?

Secara garis besar, penggantian oli mesin secara berkala dapat memberikan manfaat yang besar bagi performa mesin, diantaranya;

1.  Peredam getaran yang terjadi antara piston, batang piston, dengan poros engkol sehingga suara yang dihasilkan mesin akan terdengar lebih halus dan tidak bising

2. Mencegah perkaratan yang terjadi pada mesin maupun bagian lain pada mesin sebagai akibat berinteraksi dengan udara atau air

3. Membersihkan kerak atau kotoran yang tercipta dari gesekan antara komponen mesin

4. Mengurangi gesekan yang terjadi antara komponen mesin sehingga, komponen mesin tidak akan cepat aus. Selain itu, oli mesin juga dapat berperan sebagai pendingin dari proses panas yang terjadi selama pembakaran bahan bakar dalam mesin

Pilih Jenis Oli Mesin

Pada dasarnya, oli mesin terdiri dari berbagai jenis dan kandungan viskositas yang berbeda. Nah jenis oli ini disesuaikan dengan kebutuhan mesin jadi tidak serta merta semua jenis oli dapat digunakan.

Ketika telah tiba jadwal untuk mengganti oli, sebaiknya anda pilih satu jenis oli yang digunakan secara berkala dengan memastikan terlebih dahulu bahwa oli yang dipakai adalah oli yang berkualitas.

Lalu, pastikan juga anda tidak perlu mengganti-ganti oli mesin dengan jenis lainnya sebab bukannya dapat membuat mesin lebih prima justru akan memperparah kondisi mesin. Hal ini disebabkan karena mesin perlu mengadaptasikan kekuatannya dengan jenis oli mesin yang baru diberikan.

Cara Ganti Oli Mesin Industri Praktis

Ketika mengganti oli baik pada mesin pabrik maupun kendaraan, setidaknya perhatikan cara penggantian oli yang benar untuk menghindari kebocoran maupun kerusakan mesin.

Berikut tiga cara mudah dan praktis yang dapat anda lakukan dalam mengganti oli mesin, yakni;

1. Tidak menggunakan semprotan angin bertekanan tinggi untuk membersihkan sisa oli yang ada didalam katup mesin, karena secara tidak sengaja hal tersebut bisa membuat kotoran yang menempel pada filter menyebar pada area mesin.
2. Mengganti ring oli mesin setiap kali memperbarui oli mesin untuk mencegah resiko kebocoran yang mungkin terjadi.
3. Tidak membuka baut pembuangan oli secara paksa dan dalam kondisi panas agar bagian baut pengunci tidak rusak.

Nah itulah ulasan seputar cara mudah ganti oli mesin pada industri. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *