4 Komponen Dump Truck Umum yang Harus Dipahami

komponen dump truck
komponen dump truck
komponen dump truck

Kira-kira apa saja komponen dump truck secara umum? Biasanya kendaraan berukuran besar memiliki komponen yang cukup beragam sehingga sebagian pengguna dibuat kebingungan dalam memahami komponen spare part utama. Namun dengan memahami secara mendalam maka pengguna tidak akan mengalami kesulitan ketika kerusakan terjadi.

Pada dasarnya, dump truck merupakan jenis alat pengangkut yang digunakan untuk memindahkan material dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Biasanya material yang diangkut berupa sedimen bumi seperti tanah, pasir, kerikil, hingga angkut sampah.

Dump truck sangat mudah ditemukan pada lokasi proyek industri yang produktif seperti properti, perkebunan, pertambangan, konstruksi dan sebagainya.

Komponen Dump Truck Umum

Umumnya, komponen dump truck terdiri dari berbagai komponen yang cukup kompleks sehingga terkadang menyulitkan pengguna dalam memahami komponen inti kendaraan tersebut.

Namun jangan khawatir, berikut ini komponen utama pada dump truck yang dapat Anda pahami dengan mudah, selengkapnya dibawah ini;

1. Pompa Hidrolik

Selain pada dump truck, penggunaannya cukup meluas hingga keberbagai sektor mesin industri. Apa itu pompa hidrolik?

Pompa hidrolik merupakan komponen yang berguna mengubah energi mekanik jadi energi hidrolik. Alat tersebut sering dijumpai untuk mengangkat barang-barang berat. Dengan memanfaatkan sebuah energi, yang mana mengubah energi mekanik menjadi sebuah energi hidrolik.

Teknis kerjanya, pompa hidrolik terhubung langsung dengan tuas hidrolik yang berada di kabin pengemudi dengan katup pengontrol.

2. Selang & Pipa Hidrolik

Selang hidrolik maupun pipa merupakan komponen yang berfungsi sebagai penghantar fluida yakni berupa oli untuk dihantarkan pada mesin ektuaktor melalui pompa hidrolik untuk selanjutnya diubah menjadi gaya atau energi.

Umumnya, kedua komponen yang sangat penting ini dibuat dari material khusus agar bisa tahan terhadap tekanan tinggi yang dihasilkan pada saat dump truck

3. Power Take Off (PTO)

Secara umum, komponen power take ofee (PFO) memiliki fungsi sebagai pengatur hubungan antara idle gear dan gear PTO pada komponen transmisi. Komponen ini biasanya terdiri atas clutch shift unit dan gear unit yang terhubung langsung dengan idle gear pada transmisi.

Gear unit berfungsi untuk meneruskan putaran dari mesin menuju pompa hidrolik melalui penggerak bernama as PTO. Sementara itu, clutch shift unit bermanfaat untuk menggerakkan gear unit PTO yang terhubung ataupun terlepas dari idle gear transmisi sesuai dengan gerakan tuas PTO.

4. Tuas Pengendali PTO & Tuas Pengendali Hidrolik

Apa bedanya?

Untuk komponen tuas pengendali PTO seringkali dimanfaatkan untuk mengatur gear PTO dengan idle gear pada transmisi. Lain halnya dengan tuas pengendali hidrolik yang berfungsi untuk mengatur buka tutup katup pompa hidrolik.

Kedua komponen ini umumnya hadir untuk memudahkan pengoperasian ketika melakukan dumping. Agar dapat bekerja lebih maksimal, tuas ini dapat dihubungkan dengan kabel baja. Kedua tuas dapat ditemukan pada kabin pengemudi.

Selain keempat komponen di atas, masih terdapat komponen lainnya yang harus diketahui seperti lift arm (lengan angkat), tangki oli hidrolik, silinder hidrolik (boom), oli hidrolik, control valve, As PTO, dan lainnya.

Nah demikian ulasan seputar komponen dump truck yang harus diketahui khususnya bagi pengguna awam. Untuk melihat rincian biaya perawatan truk per bulan silahkan lihat disini.

Semoga bermanfaat.

You may also like...