Penyebab Kerusakan Mesin Industri & Cara Mengatasinya

Ketika mesin berhenti mendadak atau mengeluarkan suara bising, sudah pasti penyebab kerusakan mesin industri harus ditilik lebih lanjut disini.

Rasanya sangat menjengkelkan ketika mesin mengalami rusak secara tiba-tiba. Ketika mesin rusak, biasanya akan menunjukkan beberapa gejala mengganggu seperti mati mendadak, muncuk suara bising, bergetar hebat, dan lainnya. Ketika hal ini terjadi, jangan anggap spele ya sebab mesin membutuhkan penanganan tepat dan cepat.

Kerusakan Mesin Industri & Solusinya

Untuk mengatasi kerusakan yang terjadi, tentunya anda harus mengetahui berbagai penyebab sehingga solusi yang diberikan juga tepat.

Secara umum, ada tiga jenis penyebab kerusakan mesin industri yaitu human eror (kerusakan oleh manusia), rusak karena faktor usia mesin, dan kerusakan akibat minimnya perawatan. Penjelasan selengkapnya akan dibahas berikut ini;

1. Human Error (Kerusakan Oleh Manusia)

Human errror disebabnkan oleh kesalahan pengguna yang mengoperasikan mesin maupun alat industri.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk membaca buku panduan (manual book) sebelum mengoperasikan mesin agar tidak terjadi kesalahan. Selain menyediakan manual book, ada juga beberapa produsen mesin industri yang menyediakan video tutorial dan training atau pelatihan secara langsung pengoperasian mesin oleh engineering.

Tidak hanya itu, diperlukan juga pelatihan edukatif kepada pengguna sebelum mengoperasikan mesin maupun alat untuk mencegah huma error. Jangan sampai perusahaan mengalami kerugian jika garansi gagal diklaim hanya karena kelalaian dan kesalahan dalam mengoperasikan alat.

2. Kerusakan karena faktor usia

Setiap komponen mesin memiliki lifetime penggunaan yang berbeda-beda. Seperti selang hidrolik yang dapat bertahan maksimal 6 bulan dan pompa hidrolik hingga 10 tahun. Jadi tidak heran jika penggunaan komponen yang melebihi lifetime tentu membuat performa mesin menjadi menurun alias rusak.

Oleh sebab itu, sebaiknya komponen yang sudah usang atau tidak layak fungsi diganti dengan komponen atau sparepart yang baru. Untuk hasil performa yang lebih maksimal, pastika untuk membeli langsung dari distributor resmi hydraulic system.

3. Minimnya perawatan

Tidak hanya kendaraan pribadi saja seperti motor dan mobil, namun mesin industri yang tercakup komponen kompleks ini juga membutuhkan perawatan yang baik dari penggunanya. Jika kapasitas penggunaan mesin terlalu besar tapi tidak diiringi dengan perawatan yang baik secara berkala maka mesin akan mengalami aus bahkan bisa menjadi kerusakan yang cukup fatal.

Dengan perawatan mesin yang baik maka komponen kerja mesin tetap berfungsi dengan baik sehingga kerusakan dapat dihindari. Efeknya, biaya operasional mesin juga dapat dihemat serta produktivitas pun meningkat.

Jika anda terkendala sibuk atau bingung melakukan perawatan mesin hidrolik industri, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan layanan jasa perawatan mesin hidrolik terpercaya.

Setelah mengetahui beberapa penyebab kerusakan mesin industri serta cara mengatasinya, semoga ulasan ini dapat membantu anda dalam menyelesaikan permasalahan mesin. Jangan ragu untuk menghubungi layanan jasa terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *