Fungsi Clamp Pipa & Kegunaan Serta Jenisnya Lengkap

Memang ukurannya mini dan relatif terjangkau, namun siapa sangka fungsi clamp pipa ternyata memiliki peranan penting bagi kelangsungan performa mesin hidrolik anda. Hal inilah yang tidak disadari pengguna sehingga mengabaikan mesin, imbasnya kenyamanan pengoperasian menjadi tidak dapat dirasakan.

Semua komponen suku cadang mesin memiliki fungsi dan peranan yang berbeda, termasuk clamp pipa. Secara umum, clamp pipa adalah sebuah penjepit yang digunakan sebagai penahan pipa, selang, dan tabung dengan kuat pada saat mesin bekerja terutama pada tekanan tinggi.

Fungsi Clamp Pipa Secara Umum

Lalu apa fungsinya?

Secara umum, fungsi clamp pipa yakni sebagai peredam bunyi bising dan getaran berlebih akibat pengoperasian mesin. Selain mencegah hose bengkok, clamp pipa dapat menahan benda dengan kuat dan memastikan stabilitas, terutama dalam sebuah sistem hidrolik.

Selain klem pipa, biasanya pengguna juga menyebut dengan klem tabung, klem PVC, atau braket pipa. Clamp pipa hadir dengan berbagai ukuran dan dimensi agar sesuai dengan kebutuhan sistem hidrolik yang lain.

Kegunaan Clamp Pipa di Berbagai Sektor

Meskipun ukurannya mini, namun hadirnya clamp pipa memamg memberikan imbas yang cukup signifikan terutama bagi kelangsungan performa mesin hidrolik.

Berikut beberapa kegunaan clamp pipa secara umum, diantaranya sebagai berikut;

1. Dapat digunakan untuk hose, pipa, dan tabung

2. Dapat digunakan untuk alat berat dan sejenisnya

3. Diaplikasikan di indutsri logam, baja, pertambangan

4. Bermanfaat untuk pengerjaan kayu

5. Pipa ledeng, dan lainnya

Jenis dan Spesifikasi Clamp Pipa

Untuk klem hydraulic, setidaknya terdapat tiga jenis yang sering digunakan. Berikut selengkapnya;

1. Standard Series

Sering digunakan pada proyek instalasi yang membutuhkan beban rata-rata dan getaran sedang. Sehingga jenis klem ini cocok digunakan dengan beban kerja berbanding seimbang sedang dengan tekanan kerja.

Klem ini juga diproduksi dalam ukuran tabung yang berbeda, mulai dari 0-4 inci dengan diameter luar 102mm. Klem ini banyak digunakan untuk instrumen pipa, peralatan bergerak, dan peralatan mesin.

2. Heavy Series

Sebaliknya, klem jenis ini diperuntukkan untuk tingkat beban kerja dan getaran yang lebih tinggi. Sehingga penggunaannya cocok digunakan untuk pembuatan logam dan juga dibidang pertambangan. Untuk ukuran, klem heavy series memiliki diameter luar hingga 406mm dan 16 inci.

3. ​Twin Series

Jika dibandingkan dengan dua jenis lainnya, twin series memiliki ukuran yang lebih kecil dan mirip dengan klem seri dudukan. Klem ini sering ditempatkan ditempatkan dekat yang memungkinkan penempatan berdekatan daripada menumpuk dua standard series dengan cakupan getaran sedang.  Cocok digunakan untuk proyek industri umum,

Untuk ukuran, klem twin series memiliki diameter luar maksimum 42mm .

Perlu diingat, semua jenis memiliki ragam ukuran clamp pipa hydraulic yang disesuaukan dengan kebutuhan mesin. Semakin besar diameter hose hydraulic atau pipa, maka semakin besar pula ukuran klem pipa hydraulic yang digunakan.

Bagi anda yang membutuhkan informasi lengkap terkait clamp pipa, anda dapat menghubungi layanan distributor resmi Cipta Hydropower Abadi pada nomor whatsapp di 08-111-77633 atau email ke info@ciptahydropower.com

Semoga ulasa fungsi clamp pipa beserta kegunaannya bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *