6 Cara Perawatan Mesin Bor yang Mudah Dilakukan


perawatan mesin bor
perawatan mesin bor

Masih bingung bagaimana cara perawatan mesin bor agar alat lebih awet serta tidak mudah rusak? Simak ulasannya berikut ini.

Merupakan alat sejuta umat, mesin bor sangat memudahkan pekerjaan dalam membuat lubang dengan cepat pada permukaan kayu, tembok, besi dan lain-lain. Hadirnya alat bor tentu membuat durasi pekerjaan menjadi lebih efisien.

Sebelum bor listrik diciptakan, orang menggunakan alat bor manual yang memiliki massa cukup berat. Namun, setelah adanya teknologi yang lebih maju, terciptalah mesin bor listrik yang makin efisien dan mudah digunakan.

Perawatan Mesin Bor

Baik mesin bor maupun alat perkakas lainnya, perawatan sudah menjadi rahasia umum untuk menjaga mesin tetap awet dan memiliki lifetime yang panjang.

Merawat bor secara rutin dan menyeluruh  akan memberikan dampak pada fungsi dan kegunaanya menjadi lebih optimal.

Berikut ini beberapa perawatan mesin bor yang dapat Anda lakukan dengan mudah, diantaranya :

1. Gunakan sesuai fungsi dan jenisnya

Perlu diketahui, setiap jenis bor memiliki fungsi yang berbeda, maka dari itu sebaiknya gunakan sesuai dengan kegunaannya.

2. Gunakan aksesories yang sesuai

Sebaiknya jangan pernah memasang alat aksesoris yang tidak sesuai hingga berujung merusak mesin. Alih-alih ingin mendapat hasil maksimal, justru dapat berdampak hasil yang diberikan kurang optimal.

3. Melepas mata bor dengan benar

Seyogyanya, mata bor merupakan suatu tombak dalam membuat lubang pada kayu, plastik, dinding, besi, logam dan kaca. Banyak sekali jenis dan ukuran lubang yang dapat dibuat dengan mesin bor, beda jenis beda pula fungsinya.

Oleh sebab itu, sebaiknya lepas mata bor dengan benar dan jangan sesekali menggunakan alat lain yang tidak direkomendasikan sebab dapat membuat komponen cepat rusak.

4. Menjaga kebersihan alat bor

Meskipun sering dianggap spele, namun kebersihan alat cukup penting dalam menunjang umur bor.

Setelah menggunakan alat, sebaiknya bersihkan seluruh body dengan cara mengelap dengan kain lembut seluruh permukaaan untuk mencegah terjadinya karat atau korosi.

5. Simpan alat di tempat kering

Untuk menghindari kondisi lembab yang dapt merusak alat, sebaiknya simpan alat bor pada tempat kering yang memiliki sirkulasi udara yang lancar.

Lain hal nya jika berniat menyimpan alat dalam jangka waktu lama lebih dari seminggu, sebaiknya lepaskanlah semua aksesori terlebih dahulu dan lumasi aksesori dengan minyak pelumas, sebab aksesori mesin mudah rapuh hingga korosi.

Jangan lupa, gulung kabel mesin agar tidak kusut dan melilit. Pastikan posisi switch tidak tertekan pada saat sebelum memasukan kedalam wadah.

6. Minta bantuan jika alat rusak

Terkadang alat bor bisa saja mengalami kerusakan komponen.

Jika ragu, tidak ada salahnya untuk datang kepada ahlinya atau tempat service terpercaya untuk mengetahui apakah mesin bor masih layak pakai atau perlu mendapatkan perbaikan di beberapa komponen penyusunnya.

 

Demikian ulasan bermanfaat seputar perawatan mesin bor yang mudah dilakukan. Semoga dapat menjadi rekomendasi bagi Anda..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *