5 Cara Membersihkan Mesin Industri Ini Dijamin Mudah


membersihkan mesin industri
membersihkan mesin industri

Bagaimana cara mudah dalam membersihkan mesin industri atau pabrik? Dalam melakukan perawatan mesin, memang seringkali menemukan suatu kendala yang membingungkan. Namun, merawat sebuah mesin pabrik bukan hal yang sulit jika sudah paham terutama komponen yang ada dalam mesin tersebut.

Maka dari itu, memang kuncinya ialah pahami dengan seksama bagian atau komponen pada mesin sehingga baik dalam melakukan perawatan mesin pabrik hingga perbaikan, Anda tidak bingung lagi.

Kapan Sebaiknya Membersihkan Mesin Industri ?

Meskipun hanya sekedar membersihkan, namun hal ini dirasa cukup penting demi menjaga keoptimalan sebuah mesin agar terhindar dari kerusakan karena debu atau partikel kotoran mengganggu lainnya.

Merawat dan membersihkan sebuah mesin ada baiknya jika dilakukan secara berkala, misalnya 1 minggu sekali atau 1 bulan sekali. Tujuannya untuk menjaga mesih agar tetap bersih dan juga terawat.

5 Cara Membersihkan Mesin Industri

Masih bingung?

Simak cara mudahnya dalam membersihkan mesin pabrik atau industri, selengkapnya berikut ini;

1. Matikan mesin

Pertama dan paling utama, pastikan mesin dalam keadaan mati dan biarkan sampai suhunya dingin. Dengan demikian tangan nyaman ketika bersentuhan dengan mesin tanpa khawatir panas menjalar.

2. Buka bagian mesin

Selain membersihkan body mesin luar, penting juga untuk membersihkan bagian dalam mesin.

Perhatikan beberapa komponen yang dapat dicuci menggunakan sabun dan sebagian dicuci dengan menggunakan pelumas. Proses pembersihkan ini penting untuk menjaga agar mesin selalu dalam keadaan terawat.

Gunakan kain lembut yang sudah pasti tidak akan menggores parts mesin.

3. Bersihkan sampai bagian kecil

Nah bagaimana jika bagian mesin cukup kecil?

Jawabannya cukup gunakan kuas agar noda yang berada di dalam komponen mudah hilang. Noda yang kecil tidak masalah, Namun jika berupa tumpukan, tentu akan menghalangi proses kerja mesin.

4. Berikan pelumas yang cukup

Jangan lupakan pemberian pelumas yang cukup pada mesin. Beberapa bagian mesin perlu diberikan pelumas, agar tetap bersih dan juga kerja mesin semakin lancar. Pelumas dapat mencegah mesin dari indikasi aus atau korosi, sehingga dapat menjadikan mesin lebih awet.

5. Cek ulang mesin yang sudah dibersihkan

Sangat disarankan untuk menyimpan dalam box khusus agar tidak tercecer.

Tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan ulang sebab bisa saja masih terdapat kotoran yang menempel pada mesin. Jika dicuci dengan sabun, pastikan Anda mengeringkan dengan baik agar tidak mudah timbul karat.

Sebaliknya jika dibersihkan menggunakan bensin, atau pelumas maka pastikan komponen bersih dengan lap atau kain lembut.

Kesimpulan

Bagaimana? Mudah bukan?

Perawatan yang baik dan dilakukan secara berkala terbukti dapat mencegah berbagai kerusakan mengganggu pada mesin. Setelah selesai membersihkan, jangan lupa pasang kembali bagian-bagian mesin. Perhatikan pemasangan skrup dan pastikan kencang tidak ada yang kendor.

Anda juga dapat memperhatikan setiap detailnya dengan menggunakan buku panduan ketika sedang membersihkan mesin tersebut agar pemasangan komponen berjalan dengan baik.

Selamat mencoba !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *