5 Tips Perawatan Mesin Bubut Makin Awet & Tahan Lama

Perawatan mesin bubut merupakan salah satu cara tepat untuk mendukung kinerja mesin prima. Intip tips lengkapnya agar mesin awet & tahan lama.

Mesin bubut saat ini sangat banyak digunakan diberbagai sektor industri kecil hingga besar. Mesin ini mempunyai cara kerja memotong benda dengan cara diputar. Baik mesin berukuran kecil maupun besar, keduanya sama-sama membutuhkan perawatan secara berkala. Untuk mengetahui panduan perawatan mesin bubut secara lengkap, silahkan baca disini.

5 Perawatan Mesin Bubut

Seiring dengan penggunaan secara terus-menerus, perlahan mesin mengalami penurunan performa.

Jangan anggap spele, bisa jadi hal ini merupakan suatu indikasi kerusakan yang mengancam mesin. Nah, sebelum terjadi mesin bubut rusak setidaknya terdapat beberapa perawatan mesin bubut dengan tujuan agar makin awet serta tahan lama. Selengkapnya berikut ini;

1. Jaga kebersihan mesin

Meskipun rasanya terkadang malas untuk membersihkan mesin, namun tanpa disadari hal spele tersebut dapat menimbulkan peluang kerusakan sebab kotoran dapat dengan mudah masuk kedalam area mesin. Nah maka tidak heran lambat laun tenaga mulai berkurang.

Solusinya, usahakan bersihkan area mesin bubut setiap selesai menggunakan mesin bubut. Baik sisa potongan hingga debu dan kotoran oli yang menempel dibersihkan dengan lap lembut dan pastikan sisa penggunaan berakhir menuju tempat sampah yang seharusnya.

2. Gunakan oli sesuai anjuran

Perawatan mesin bubut selanjutnya yakni dengan menggunakan oli sesuai anjuran dari buku panduan mesin atau ahlinya. Pasalnya, setiap oli dan grease memiliki spesifikasi viskositas yang berbeda sehingga perlu adanya kecocokan antara larutan pelumas dengan mesin.

Jadi pastikan anda membaca buku panduan mesin untuk mengetahui oli orisinil yang telah dianjurkan dari pabrikan mesin.

3. Hindari paparan matahari langsung

Agar mesin lebih awet, sebaiknya hindari penggunaan mesin bubut dengan paparan matahari langsung. Pasalnya, hal ini dapat menyebabkan performa pengoeprasian mesin bubut cepat panas dan perlahan mengalami penurunan.

Jadi sebaiknya tempatkan mesin bubut ditempat teduh dengan suhu ruangan yang tidak terlalu panas untuk memaksimalkan kinerjanya.

4. Perawatan motor pembangkit

Kinerja mesin bubut yang prima tentu tidak terlepas dari kondisi motor pembangkit. Oleh sebab itu, sebaiknya lakukan perawatan motor pembangkit dengan cara pengecekan menyeluruh.

Jika sudah muncuk kerusakan meskipun minim, jangan pikir dua kali untuk segera mengganti dengan komponen yang baru. Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas dari mesin bubut.

5. Pengaturan handel pada posisi netral

Umumnya, setiap mesin bubut memiliki perangkat handel yang harus berada pada posisi netral. Hal ini untuk memastikan sumber tenaga mesin dapat bekerja dengan baik dan maksimal. Selain itu, pengontrolan juga lebih mudah ketika handel berada pada posisi netral.

Nah demikian tips seputar perawatan mesin bubut agar makin awet dan tahan lama yang dapat Anda lakukan. Semoga bermanfaat yaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *