Tube Clamps : Pengertian dan Spesifikasi Lengkapnya

Tube clamps atau klem tabung telah banyak digunakan sebagai penujang aksesories pada mesin. Seberapa penting kegunaannya? Bahas lengkap disini.

Pada dasarnya, hadirnya klem disebut sebagai alat penunjang yang berfungsi sebagai pengencang hingga mencegah pergeseran beberapa perangkat pada saat proses pengerjaan. Pasalnya, tingkat pengoperasian mesin yang cukup tinggi tentu dapat mengakibatkan perangkat menjadi kendor hingga berpeluang lepas. Bukankah sangat fatal?

Pengertian Tube Clamps

Klem tabung atau Tube Clamps adalah alat yang digunakan untuk menyatukan tabung. Klem tabung pada umumnya digunakan pada industri konstruksi karena dapat mengakomodasi penyatuan dua tabung besar. Klem tabung dibuat berdasarkan standar DIN 3015 dan dapat ditumpuk menjadi satu untuk memaksimalkan penggunaan ruangan.

Umumnya, klem tabung terbuat dari material bahan plastik berbentuk persegi dan memiliki lubang bergaris yang membuatnya dapat menggenggam dengan kuat. Klem tabung terbuat dari empat bagian yaitu badan rumah penjepit, pelat penutup, baut kepala segi enam dan plat las. Pemasangan klem tabung sangat mudah dan bersifat dapat digunakan untuk banyak keperluan.

Jenis Tube Clamps Lengkap

Menjawab kebutuhan mesin yang semakin kompleks, tube clamp juga hadir dengan berbagai jenis untuk menunjang performa yang lebih baik.

Pada dasarnya, klem diproduksi dalam berbagai jenis dengan berbagai tujuan penggunaan. Tipe klem dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu sebagai berikut ;

1. Standard Series 

clamp pipa standard series
clamp pipa standard series

Merupakan jenis klem yang digunakan pada instalasi dengan beban kerja dan getaran sedang. Dapat digunakan pada beban kerja yang minimal dan getaran normal. Sangat cocok digunakan untuk tabung yang berukuran hingga 4 inci dan diameter luar 102mm.

 

2. Twin Series 

clamp pipa twin series
clamp pipa twin series

Merupakan jenis klem yang digunakan pada instalasi keperluan industri dengan getaran sedang. Dibandingkan dengan jenis lainnya, seri ini tergolong memiliki ukuran  lebih kecil dan digunakan pada instalasi yang memiliki jalur ditempatkan berdekatan. Sangat cocok digunakan untuk tabung yang berukuran hingga diameter luar 42mm.

 

3. Heavy Series

clamp pipa heavy series
clamp pipa heavy series

Merupakan jenis klem yang digunakan pada instalasi dengan getaran lebih tinggi dan beban yang lebih tinggi pula. Oleh sebab itu, jenis ini sangat cocok digunakan di bidang pertambangan dan industri manufaktur logam. Heavy series telah tersedia dengan ukuran hingga 16 inci dan diameter luar 406mm.

Spesifikasi Lengkap Tube Clamps

Berikut spesifikasi lengkap dari jenis klem tabung.

Diproduksi sesuai dengan standar spesifikasi dari DIN 3015 (Deutsches Institut fϋr Normung) = Institut Jerman untuk Standardisasi. Lembaga ini didirikan pada 1917 dan bermarkas di Berlin, Jerman. Berbagai standar diberikan untuk produk-produk seputar teknologi mesin dan lainnya. Jadi klem tabung ini sudah terbukti aman untuk digunakan diberbagai mesin.

Elemen Aksesoris
  • Pelat Penutup Atas
  • Las Bawah
  • ​Baut Segi Enam
Elemen Body dan Dimensi Temperatur
  • Polipropilen (PP), -30 ⁰C sampai dengan +90 ⁰C
  • Poliamida (PA), -40 ⁰C sampai dengan +120 ⁰C
  • Aluminium (AL), Up sampai dengan 300 ⁰C
Ukuran dan Seri
  • 6mm – 102mm (Standard)
  • 6mm – 406mm (Heavy)
  • 6mm – 42mm (Twin)
Bahan Aksesori
  • Stainless Steel SS316
  • Baja Galvanis

Dapatkan informasi produk tube clamps lengkapnya hanya di distributor resmi klem pipa Cipta Hydropower Abadi. Layanan fast respon melalui whatsapp di 08-111-77633 atau email ke info@ciptahydropower.com

Tersedia juga berbagai kebutuhan suku cadang hydraulic system lainnya, seperti;

Hydraulic hose, hose assembly, hydraulic pump, hydraulic filter, valve, ball valve, connection test, pressure gauge, fire suppression system, level gauge, breather filler, pipe clamp, seamless tube, fittings ferule, quick release coupling, flexible pipe coupling, diaphrgham pump, hose reel, hydraulic power unit, hydraulic main component, dll.

tube clamps

tube clamps

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *