Pengertian Clamp Pipa dan Fungsinya Dalam Industri

Apa itu klem pipa? Clamp pipa adalah sebuah penjepit pipa layaknya sebagai pengencang atau penahan selang hydraulic. Selain selang hidrolik, nyatanya komponen ini juga dibutuhkan pada seperangkat unit hidrolik alat berat agar pengoperasian berjalan dengan optimal dan nyaman.

Namun terkadang beberapa pengguna kerap mengabaikan piranti ini sebab mengingat peranannya yang terbilang sepele. Oleh sebab itu, yuk ketahui pengertian clamp pipa beserta fungsi selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Clamp Pipa Secara Umum

clamp pipa

Mungkin diantara beberapa pengguna masih ada bingung atau merasa awam saat mendegar istilah ini.

Clamp pipa adalah penjepit pipa layaknya sebagai pengencang atau penahan selang hydraulic. Meskipun komponennya hanya tercakup sebagai asesories, namun kehadirannya memberikan kontribusi yang besar bagi pengguna mesin hidrolik.

Umumnya, clam pipa terbuat dari material PP (Polypropylene) yang mempunyai tingkat kekerasan yang tinggi. Selain itu, bahan ini juga terbukti dapat tahan terhadap panas dan sinar U, sehingga inilah yang dapat membuktikan pipa dapat menahan suhu tinggi atau panas.

Tidak hanya itu, clamp pipa juga didesain agar tidak mudah timbul karat atau keropos ketika digunakan dalam jangka waktu lama.

Secara kesimpulan, clamp pipa ialah komponen asesories mesin hidrolik yang berguna sebagai penjepit selang dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama.

Fungsi Clamp Pipa Dalam Industri

fungsi clamp pipa
fungsi clamp pipa dalam industri

Fungsi dari klem pipa yakni sebagai peredam getaran hebat yang berlebih akibat tekanan tinggi ketika pengoperasian alat berat. Biasanya pada saat mesin beroperasi, getaran hebat terjadi hingga dapat menggoyangkan selang hidrolik. Jika dibiarkan tentu akan membahayakan bagi kesehatan mesin dan juga pengguna.

Selain itu, fungsi lainnya yakni untuk mencegah kebengkokan pipa secara tidak langsung. Pipa yang bengkok dapat menjadi penghambat kinerja selang hidrolik menjadi kurang optimal sebab fluida tidak dapat terhantarkan dengan baik.

Mengenal Kualitas Clamp Pipa

Pada dasarnya, sangatlah banyak cara dalam menilik kualitas pada klem pipa. Jika salah dalam memilih, bisa-bisa hose anda menjadi taruhannya. Namun tidak banyak pengguna yang menyadari hal berikut ini;

1. Merek yang paling banyak digunakan

Jika ditilik dari segi kuantitas, saat ini keberadaan merek produk sudah mencapai ratusan bahkan ribuan yang tersebar diberbagai negara dan benua. Semua merek tentu menghadirkan keunggulan yang berbeda-beda. Lalu, manakah yang merupakan merek favorit?

STAUFF merupakan solusi tepat untuk mendapatkan kualitas terbaik dalam klem pipa. Menghadirkan berbagai macam jenis dan spesifikasi klem pipa lengkap untuk kebutuhan mesin anda.

Baca juga: Clamp Pipa STAUFF : Keunggulan, Spesifikasi, & Jenisnya

2. Mengetahui harga

Selain merek, penting juga untuk mengetahui nominal harga yang umumnya berlaku dipasaran. Ingat, jangan terjebak pada harga murah. Anda wajib menilik kualitas produk tersebut sebelum memutuskan untuk membeli.

Bagaimana caranya?

Tidak ada salahnya untuk mengetahui merek melalui platform website resmi merek tersebut. Pastikan anda mengetahui asal produsen, material yang digunakan, serta list distributor resmi.

Demikian ulasan mengenai klem hidrolik. Untuk mengetahui informasi harga serta konsultasi lengkap, silahkan hubungi layanan Cipta Hydropower Abadi melalui nomor whatsapp di 08-111-77633 atau email ke info@ciptahydropower.com

Semoga hadirnya ulasan diatas dapat bermanfaat untuk kalangan luas pengguna hidrolik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *