Simak Cara Membaca Kode Engine Komatsu Excavator

kode engine komatsu
kode engine komatsu
kode engine komatsu

Bagaimana cara membaca kode engine Komatsu? Nyatanya masih banyak yang kesulitan ketika membaca serangkaian kode unit yang tertera pada engine. Padahal, hal ini cukup penting untuk dikuasai oleh si pengguna untuk memudahkan dalam mengetahui spesifikasi yang dimiliki oleh mesin.

Tidak hanya pada engine unit, kode lainnya pun juga terlibat dalam spare parts yang digunakan. Nah, dalam membeli spare parts pun pengguna juga wajib mengetahui klasifikasi kode yang dibutuhkan oleh mesin agar tidak salah.

Apa Itu Engine ?

Secara umum, Engine merupakan komponen yang berfungsi untuk menghasilkan tenaga. Tenaga yang dihasilkan oleh engine berasal dari proses pembakaran di dalam engine yang menghasilkan energi panas dan kemudian dirubah menjadi energi mekanis berupa putaran.

Excavator Secara Umum

Sudah paham tentang alat berat yang satu ini?

Excavator adalah mesin alat berat yang biasa digunakan dalam industri konstruksi, pertanian atau perhutanan. Dilengkapi 4 silinder hidrolik yang terdiri dari 2 silinder boom, 1 silinder arm,
1 silinder bucket.

Excavator juga memiliki roda dari ban biasa digunakan untuk jalanan padat dan rata disebut Wheel Excavator, serta berupa besi berupa trackshoe yang mempunyai roda dari rantai besi yang memudahkan untuk berjalan di jalanan yang tidak padat atau mendaki.

Tersedia ruang pengemudi disebut dengan Cabin. Uniknya, excavator dapat berputar arah (swing) sampai 360 derajat dengan mudah.

Kini Anda sudah mengetahui benang merah seputar Excavator. Lalu, bagaimana cara membaca kode engine?

Maka dari itu, mari sama-sama kita simak cara membaca kode engine pada mesin, berikut salah satunya dari Komatsu.

Kode Engine Komatsu

Berikut ini kita ambil contoh dari jenis spek SAA6D170E-5. Lihat cara membacanya.

  1. S memiliki arti menggunakan turbocharge, turbocharger ini berfungsi untuk meningkatkan jumlah udara yang akan masuk ke dalam ruang bakar. Pada PC 4000-6 menggunakan engine type SSA, yang artinya menggunakan double stage turbocharger.
  2. Untuk huruf A artinya Aftercooler, maksudnya udara yang akan masuk ke dalam ruang bakar akan didinginkan terlebih dahulu dengan menggunakan water coolant dari radiator.
  3. AA artinya udara yang akan masuk ke dalam ruang bakar akan didinginkan dengan menggunakan udara segar atau istilah kerennya adalah intercooler.
  4.  6 artinya menggunakan 6 buah cylinder liner.
  5.  D artinya diesel direct, dimana engine ini bentuknya disusun secara sejajar/ sebaris.
  6. 170 artinya diameter cylinder liner.
  7. E artinya low emmision
  8. -5 artinya modifikasi ke 4

Nah bagaimana? mudah bukan?

Selesai ulasan tentang kode engine Komatsu. Jangan lupa dipraktekkan agar terbiasa dan mudah diingat selalu..

You may also like...