Mesin Industri Rusak Cuma Karena 4 Hal Spele Ini


mesin industri rusak
mesin industri rusak

Awas, mesin industri rusak bisa terjadi dengan mudah cuma karena empat hal spele ini. Sebelum terjadi, cek ulasannya berikut ini.

Perawatan memang telah menjadi tolak ukur utama dalam menjaga performa mesin agar tetap stabil dan prima ketika sedang digunakan. Selain tujuan perawatan mesin industri, cara penggunaan dan pengoperasian juga dapat mempengaruhi cara mesin bekerja. Ketika salah dalam mengambil tindakan dari ketiga hal tersebut,  kerusakan mesin industri bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

Ada juga yang menyebutkan bahwa hampir 80% kerusakan mesin industri disebabakan oleh beberapa faktor spele ini sehingga dapat berdampak fatal bagi kelangsungan mesin produksi.

Penyebab Mesin Industri Rusak

Lalu apa saja penyebab hal spele yang dapat mengakibatkan mesin menjadi mudah rusak? Simak ulasan selengkapnya dibawah ini;

1.  Kotoran menempel pada mesin

Jangan anggap spele kotoran yang menempel pada mesin.

Kotoran yang mengkontaminasi mesin industri menyebabkan mesin tidak berjalan maksimal dan berada dalam keadaan forced deterioration, yaitu kondisi dimana mesin rusak karena salah penggunaan. Inilah pentingnya peranan perawatan secara berkala.

2. Kurangnya pelumasan hingga over

Mesin juga dapat mudah rusak karena segi pelumasan yang kurang hingga berlebihan.

Pastikan bahwa semua bagian-bagian mesin yang bergerak diberi pelumas yang cukup. Lubrikasi yang berlebihan menyebabkan bagian-bagian mesin tidak bergerak dengan leluasa, dan kurang lubrikasi dapat menyebabkan mesin cepat aus pada onderdilnya.

3. Baut sudah longgar

Duh rasanya spele, tapi siapa sangka baut yang sudah longgar tanpa dikencangkan dapat menyebabkan sinergi menjadi rapuh dengan bagian-bagian mesin lainnya. Artinya, jika satu baut kendor maka bagian-bagian mesin lainya akan terpengaruh, sehingga kerusakan justru dapat menyebar.

Cukup berbahaya bukan?

4. Lingkungan penempatan mesin kurang ideal

Yang terakhir perlu diperhatikan yakni lingkungan penempatan mesin. Bisa saja terlalu lembab, atau justru telalu panas.

Kelembaban dan tekanan udara dari lingkungan yang mengelilingi bagian-bagian mesin dapat mempengaruhi mesin. Hal ini seringkali terlewatkan, karena kita seringkali hanya berfokus mesin industri ketika menempatkannya, tanpa memperhitungkan lingkungan yang ideal bagi mesin industri tersebut.

Solusi Perawatan Cegah Mesin Industri Rusak

Setelah mengetahui beberapa penyebab kerusakan mesin industri atau pabrik diatas, nah berikut ini Mekanik Hydro hadirkan solusi perawatan untuk mencegah kerusakan, seperti;

1. Terapkan perawatan mesin industri secara berkala dari harian hingga tahunan

2. Lakukan evaluasi pergantian spare parts

3. Menjaga suhu mesin tetap stabil

4. Rutin mengganti oli secara berkala

5. Jika terjadi kerusakan, segera atasi langsung oleh ahlinya

Kami menghadirkan spare parts mesin industri pabrik hydraulic system, diantaranya ;

Hydraulic hose, hose assembly, hydraulic pump, hydraulic filter, valve, ball valve, connection test, pressure gauge, fire suppression system, level gauge, breather filler, pipe clamp, seamless tube, fittings ferule, quick release coupling, flexible pipe coupling, diaphrgham pump, hose reel, hydraulic power unit, hydraulic main component, dll.

Juga layanan maintenance, repair, dan konsultasi seputar permasalahan hydraulic system.

Semoga informasi mesin industri rusak diatas dapat menjadi wawasan bagi kita bersama..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *