5 Tips Perawatan Mesin Press Hidrolik Agar Lebih Awet


perawatan mesin press
perawatan mesin press

Agar mesin lebih awet dan tahan lama, sudah pasti dibutuhkan perawatan mesin press. Dibandingkan dengan servis yang sering menghabiskan banyak biaya operasional, setidaknya dengan melakukan perawatan mesin tentu akan jauh lebih hemat sehingga dapat menekan anggaran pengeluaran mesin karena rusak.

Mesin Press Hidrolik

Secara umum, mesin press hidrolik adalah suatu mesin industri yang mempunyai sistem hidrolik yang dapat bekerja secara mandiri dengan menggunakan pompa yang terletak terpisah untuk setiap mesin. Besar kecilnya daya yang dihasilkan oleh silinder hidrolik dipengaruhi besar kecilnya luas penampang silinder kerja hidrolik.

Mesin press ini sering digunakan diberbagai sektor industri, seperti mesin press hose, pengpressan kertas, kaleng hingga kardus dan plastik bekas sehingga siap kirim untuk proses olah daur ulang. Sehingga lebih memudahkan ketika pengiriman atau pembuangan barang daur ulang karena volume yang dapat diatur.

Namun, sayangnya masih banyak yang menyepelekan perawatan mesin sehingga kerusakan tidak dapat dihindarkan.

5 Tips Perawatan Mesin Press Hidrolik

Baik mesin kendaraan maupun mesin industri berbasis hydraulic system, keduanya sama-sama membutuhkan perawatan secara berkala. Berikut beberapa tips mudah perawatan mesin press hydraulic agar lebih tahan lama serta awet. Selengkapnya berikut ini;

1. Periksa level minyak atau oli

Sangat penting untuk mengetahui level atau kapasitas oli pada mesin agar proses kinerja mesin tetap maksimal. Oleh sebab itu pastikan kapasitas minyak atau oli tercukupi sesuai batas petunjuk yang ada.

2. Periksa kebocoran

Biasanya peluang kebocoran pada mesin selalu mengintai. Selain karena kelalaian pengguna, juga bisa disebabkan oleh getaran mesin yang cukup hebat. Salah satunya fitting longgar. Oleh sebab itu rasanya sangat wajib untuk memperiksakan berbagai komponen agar peluang kebocoran dapat dideteksi.

3. Pemanasan mesin

Idealnya, mesin siap beroperasi ketika suhunya mencapai kurang lebih sekitar 48 derajat celsius. Jadi sebelum mesin benar-benar panas, tunggulah dulu agar proses lubrikasi, gesekan, maupun pembakaran pada mesin dapat berjalan optimal.

4. Menjaga kebersihan mesin

Mesin apapun tidak luput dari kotoran. Spele namun siapa sangka nyatanya kotoran inilah yang dapat menjadi peluang aktif tenaga menjadi terhambat karena kotoran yang menumpuk dalam mesin. Oleh sebab itu sebaiknya lakukan pembersihan dengan mengacu jadwal secara berkala. Selain menjaga kesehatan mesin, juga dapat terhindar dari kecelakaan kerja.

5. Guided Plantens

Perlu diketahui jika pelumasan secara berlebihan dapat mengakibatkan akumulasi kotoran serta kehausan menjadi lebih cepat. Oleh karena itu lakukan pemeriksaan secara berkala sehingga peluang kotoran dan aus pun dapat diminimalisir.

Nah setelah mengetahui ulasan diatas, dapat ditarik kesimpulan ternyata merawat mesin press hidrolik tidak begitu sulit bukan? Kuncinya yakni dari segi kedisiplinan sehingga perawatan tetap terjaga. Dengan mentaati jadwal pemeliharaan, mesin dapat terhindar dari kerusakan lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *