3 Tips Perbaikan Ball Valve Mudah & Aman Untuk Pemula

Sebelum memutuskan untuk mengganti yang baru, sebaiknya intip beberapa cara perbaikan ball valve sebelum terjadi kerusakan lebih lanjut.

Ball valve atau katup bola memang tergolong memiliki lifetime atau masa pemggunaan yang relatif panjang jika dibandingkan dengan beberapa komponen lainnya seperti selang hidrolik maupun filter hidrolik. Namun tetap saja ball valve tidak terlepas dari beberapa kerusakan yang dapat menghantui para penggunanya.

3 Tips Perbaikan Ball Valve Hydraulic

Ketika ball valve telah menunjukkan gelaja kerusakan dan anda bingung harus melakukan apa, sebaiknya siapkan beberapa peralatan dibawah ini;

  • Obeng
  • Kunci pas
  • Suku cadang pengganti
  • Minyak pelumas atau jeli minyak bumi
  • Kain atau spons kering

Lalu, bagaimana caranya?

1. Matikan laju aliran

Sebelum memulai untuk membongkar komponen, pastikan dulu untuk mematikan pasokan aliran sehingga tidak ada tekanan pada mesin.

Setelah katup dimatikan, sebaiknya bersihkan sisa air yang menetes dengan kain lembut atau spons kering. Lalu lepaskan pegangan yang menahan katup bola PVC bersamaan. Untuk ini sebaiknya gunakan kunci inggris atau obeng dalam melepaskan ball valve karena terikat kencang dengan satu set sekrup.

2. Membongkar Ball Valve

Untuk memastikan bahwa komponen anda memang rusak atau bermasalah, sebaiknya bongkar seluruh katup dan periksa setiap bagian dan periksa apakah ada bagian yang rusak atau rusak. Pastikan seluruh sekrup yang telah terbongkar tersimpan dengan rapih sebab jika terjadi kehilangan satu sekrup saja maka ball valve rentan bocor.

3. Mengganti Ball Valve

Biasanya, ball valve yang rusak tidak jauh dari penyebab katup bola yang sudah aus. Oleh sebab itu sebaiknya anda mengganti dengan komponen yang baru. Aus disini karena sudah terkikis atau lainnya sehingga performa menjadi menurun. Tidak ada hal lain selain mengganti dengan katup bola yang baru.

Sebelum memulai perakitan kembali, tidak ada salahnya untuk menggunakan minyak atau pelumas ke katup ketika memudahkan penggantian bagian tanpa masalah. Pastikan tiap sekrup telah kencang dan terkiat dengan rakitan lainnya sehingga meminimalisir terjadinya kebocoran.

Jika sudah selesai, kini saatnya anda menguji ball valve dan deteksi apakah terjadi kebocoran atau tidak. Jangan malas untuk membongkar kembali jika masih terdapat kebocoran.

Layanan Jasa Servis Perbaikan Ball Valve

Tidak ingin ribet? Butuh yang simpel-simpel tanpa membuang waktu?

servis ball valve

Kini layanan Hydropower melayani perbaikan atau servis ball valve berbagai jenis mesin. Sudah lebih dari 39 tahu Hydropower memuaskan ratusan customer maupun klien dalam mengatasi permasalahan mesin hydraulic system termasuk perbaikan ball valve. Hadir juga jual ball valve dengan beragam brand unggulan.

Untuk informasi terkait spesifikasi produk serta estimasi harga, silahkan hubungi jual ball valve distributor hidrolik resmi Indonesia

PT Cipta Hydropower Abadi

08-111-77633 (whatsapp)

info@ciptahydropower.com (email)

www.ciptahydropower.com (website)

Semoga hadirnya ulasan perbaikan ball valve diatas dapat menjadi solusi yang solutif untuk permasalahan mesin anda saa ini. Semoga berhasil..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *