Prinsip Sistem Hidrolik Serta Keuntungan & Kelemahannya

prinsip sistem hidrolik
prinsip sistem hidrolik
prinsip sistem hidrolik

Dewasa ini, prinsip sistem hidrolik semakin marak dimanfaatkan oleh berbagai sektor penggiat industri & alat berat. Simak penjelasannya disini.

Apa itu hidrolik?

Mungkin bagi masyarakat awam beberapa diantaranya masih terasa awam terdengar di telinga. Mudahnya, sistem hidrolik adalah suatu sistem mesin yang memanfaatkan zat cair (umumnya oli) sebagai tenaga penggerak dari tenaga hidrolis untuk diubah menjadi tenaga mekanik.

Nyatanya, pengaplikasian sistem hidrolik tidak hanya digunakan untuk kepentingan penggiat perusahaan saja, namun juga dapat dengan mudah ditemukan dalam kehidupan sehari- hari pun, seperti dongkrak, mesin penjepit, dan lain sebagainya.

Prinsip Sistem Hidrolik

Lalu seperti apa prinsip kerja dari sebuah sistem hydraulic? Mari pelajari selengkapnya pada ulasan dibawah ini.

Pada dasarnya, prinsip dasar hidrolik cukup sederhana.  Gaya yang diberikan pada satu titik akan dipindahkan ke titik yang lain menggunakan cairan yang “dimampatkan” dengan jenis minyak atau oli.

Ketika dua unit piston kanan maupun kiri masuk ke dalam dua unit silinder gelas yang diisikan dengan minyak dan terhubung satu sama lain dengan pipa yang diisi dengan minyak. Jika piston terdorong kebawah pada pada bagian kiri, maka gaya tersebut akan ditransmisikan ke piston kedua di bagian kanan melalui minyak dalam pipa.

Uniknya, pipa yang terhubung pada kedua silinder tersebut dapat mempunyai panjang dan bentuk apapun yang penting tidak bocor karena kebocoran tersebut bisa menggangu kemampatan dari minyak atau oli tersebut.

Hukum Sistem Hidrolik

Penggunaan sistem hidrolik tidak terlepas dari pengaplikasian hukum sehingga kini kinerja hidrolik menjadi lebih mudah dan semakin aman. Kira-kira apa saja jenis hukum yang digunakan?

Mari ketahui selengkapnya dibawah ini;

1. Hukum Archimedes

Hukum Archimedes menyatakan bahwa sebuah benda yang tercelup sebagian atau seluruhnya ke dalam zat cair akan mengalami gaya ke atas yang besarnya sama dengan berat zat cair yang dipindahkannya.

2. Hukum Pascal

Hukum Pascal menyatakan bahwa tekanan yang diberikan pada fluida dalam sebuah wadah tertutup maka tekanannya akan diteruskan sama besar dan merata kesemua arah.

3. Hukum Hidrostatik

Hukum Hidrostatik menyatakan bahwa tekanan hidrostatik pada sembarang titik yang terletak pada bidang mendatar di dalam wadah suatu jenis zat cair sejenis dalam keadaan seimbang adalah sama.

Keunggulan Sistem Hidrolik

Dibandingkan dengan jenis lainnya, nyatanya sistem hidrolik banyak memberikan berbagai keuntungan bagi penggunanya.

Berikut ini 10 keunggulan mengapa harus mempertimbangkan memilih sistem hidrolik dibandingkan jenis lainnya;

1. Suara mesin lebih halus dan tenang

2. Rancangan mesin cukup sederhana

3. Hanya membutuhkan sedikit pengontrolan bagi operator dalam mengaktifkan berbagai macam kecepatan dan gaya

4. Bersifat fleksibel karena komponen sistem hidrolik yang terpasang pada suatu alat berat hanya mengalami sedikit masalah

5. Membutuhkan sedikit gaya untuk hasil yang besar

6. Perlindungan aktif terhadap beban kerja berlebihan

Kerugian Sistem Hidrolik

Dibalik keunggulan atau kelebihan, sistem hydraulic juga tidak terlepas dari kerugian yang harus diwaspadai bagi para penggunanya.

Ketika anda bersiap untuk menggunakan hidrolik, anda juga harus siap dengan segala resikonya. Sebab, berbagai komponen sistem hidrolik membutuhkan perawatan yang cukup ekstra dan harus dilakukan secara berkala untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh pengaruh iklim, cuaca dan pengaruh lingkungan kerja. Biasanya alat berat rusak lebih cepat terjadi jika dibandingkan dengan mesin industri.

Setelah mengetahui tentang serba-serbi sistem hidrolik serta prinsip sistem hidrolik, kesimpulan yang dapat ditarik ialah hydraulic system merupakan sebuah rangkaian yang dapat memberikan imbas cukup besar bagi sebuah perusahaan namun harus dilakukan perawatan tepat dan berkala.

Untuk mengetahui detail sparepart hydraulic system untuk beragam jenis mesin, silahkan hubungi layanan supplier hydraulic system disini. Semoga bermanfaat yaa.

You may also like...