5 Tips Perawatan Dongkrak Hidrolik yang Benar & Mudah

perawatan dongkrak hidrolik
perawatan dongkrak hidrolik
perawatan dongkrak hidrolik

Bagaimana cara melakukan perawatan dongkrak hidrolik agar lebih awet, tahan lama, dan siap digunakan kapan saja? Intip disini.

Bagi pengguna kendaraan roda empat, truk, hingga bengkel biasanya tidak akan melupakan alat bantu yang satu ini. Dongkrak merupakan sebuah alat pengangkat barang berat yang dapat digerakkan tangan. Mempunyai fungsi untuk mempermudah kerja manusia dalam mengangkat mobil atau lainnya.

Dengan demikian, alat bantu dongkrak hidrolik ini seakan sudah menjadi benda wajib yang harus dimiliki oleh setiap pengguna khususnya para bengkel dalam melakukan aktivitasnya.

Fungsi Utama Dongkrak Hidrolik

Fungsi utama dongkrak adalah membantu mengganti ban mobil yang bocor atau kempes. Namun, fungsi dongkrak tidak hanya berhenti disana, dongkrak juga sangat membantu dalam proses pengecekan mesin di bagian bawah mobil.

Contohnya adalah dapat membantu dalam memasang jack stand, supaya pemasangan catalytic converter lebih mudah. Selain itu, dongkrak juga membantu untuk memperbaiki sistem pengereman dan pemeriksaannya agar menjadi lebih mudah.

Harga Dongkrak Hidrolik

Berapa harga dongkrak hidrolik secara umum?

Untuk menjawab pertanyaan diatas, biasanya harga yang dibanderol bersifat variatif dan dinamis mengikuti pasaran secara umum.

Namun tentunya, harga dongkrak hidrolik dapat diklasifikasikan berdasarkan spek atau jenis dari kemampuan angkat mesin per ton.

  • Dongkrak hidrolik untuk mobil besar beriksar Rp 280 ribuan
  • Dongkrak hidrolik untuk mobil kecil 3 ton berkisar Rp 200 ribuan
  • Dongkrak hidrolik untuk mobil 20 ton berkisar Rp 330 ribuan
  • Dongkrak hidrolik untuk mesin 50 ton berkisar Rp 630 ribuan

 

Perawatan Dongkrak Hidrolik

Semahal apapun brand yang dimiliki, kerusakan tidak dapat dicegah jika perawatan minim dilakukan oleh penggunanya. Berikut ini hadir beberapa tips perawatan yang tepat dan mudah yang dapat Anda lakukan dimana saja.

1. Pelajari buku panduan

Untuk perawatan dongkrak, Ikuti petunjuk cara mempergunakan dongkrak pada manual book atau buku panduan penggunaan yang dianjurkan oleh standar pabrikan.

2. Jaga kebersihan unit

Agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang, sebaiknya jagalah kebersihan dongkrak.

Periksa sebelum menggunakan alat tersebut, pastikan tidak ada cairan yang bocor yang dapat berpotensi menjadi kerak hingga kotoran mengganggu. Pasalnya, kotoran inilah yang dapat menganggu kinerja hidrolik.

3. Lumasi cairan hidrolik rutin

Sebab kaitannya dengan hidrolik, sudah pasti dongkrak membutuhkan cairan yang cukup agar dapat bekerja dengan optimal tanpa seret.

Beri cairan hidrolik secara rutin dan berkala atau jika dibutuhkan. Lumasi roda bawah dongkrak dengan oli agar tidak terjadi  macet dan terhindar dari karat.

4. Gunakan jack stand

Sebaiknya dianjurkan untuk menggunakan jack stand sebagai pengganti dongkrak saat proses reparasi.

Hal ini bertujuan agar dongrak tidak digunakan untuk menahan beban terlalu lama. setelah itu gunakan dongkrak kembali untuk menaikan dan menurunkan mobil.

5. Penyimpanan dongkrak

Tips terakhir, simpanlah dongkrak di lokasi yang aman dan stategis agar dongkrak dapat mudah dicari jika sedang diperlukan dan terutama tidak disalah gunakan oleh anak-anak hingga membahayakan orang lain.

You may also like...